Jounal IPP PWKT Batam
Batam - Bekerja dengan rekan satu tim dalam Organisasi tidak selalu
menyenangkan. Secocok apa pun Anda dengan teman-teman, selalu ada masa
ketika pendapat setiap orang bisa berbeda. Ada juga kalanya salah
seorang dari rekan Anda sedang mengalami masalah, sehingga kinerjanya
menurun. Agar pekerjaan bisa selesai dan hubungan tetap baik setiap hari
Anda perlu menjaga irama kerja bersama-sama. Dan seperti halnya mobil
yang perlu rutin diperiksa, Anda juga perlu selalu memerhatikan supaya
hal-hal berikut ini:
1. Ekspektasi terhadap pekerjaan dan hasilnya
Setiap
anggota perlu memahami mengapa mereka ditempatkan di dalam satu tim dan
apa tujuannya. Apakah ini adalah tim tetap atau untuk suatu proyek
saja? Apa misi dari pekerjaan yang Anda emban? Sejauh mana pembagian
waktu dan peran masing-masing anggota tim, itu juga perlu selalu
diingat.
2. Komitmen
Setiap anggota tim perlu
memiliki komitmen yang sama, untuk mencapai misi pekerjaan. Sejauh mana
Anda memandang kontribusi Anda terhadap Organisasi dan juga demi
kemajuan diri sendiri? Pertanyaan ini juga perlu selalu diajukan ke
setiap anggota tim lainnya.
3. Kompetensi
Apakah
kompetensi yang dimiliki tim telah merata atau cenderung didominasi
oleh orang-orang tertentu dan yang lain hanya bekerja di belakang?
Sebaiknya, setiap anggota memiliki kemampuan tertentu sehingga sebagai
tim akan memiliki kekuatan yang lebih besar lagi. Perlu dilihat juga,
apakah setelah Anda dan teman-teman menjadi satu tim, ada perkembangan
kemampuan atau tidak? Jika tidak, mungkin Anda perlu mengajukan
belajar dari yang berpengalaman atau mengikuti pelatihan-pelatihan
4. Alur kerja
Sejauh
mana alur kerja yang dijalani sekarang sudah efektif dan memberikan
hasil yang baik? Untuk memastikannya, perlu dilihat apakah Anda dan
teman-teman sudah memahami peran dan tanggung jawab masing-masing,
sesuai dengan peran dalam tim. Jika terjadi sesuatu secara mendadak yang
mengganggu alur kerja, berdiskusilah bersama untuk mengantisipasinya.
Jangan tunggu sampai terjadi masalah.
5. Komunikasi
Tim
Anda tidak akan bisa bekerja optimal jika tidak ada komunikasi yang
baik. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa hubungan Anda dengan
rekan-rekan didasari oleh komunikasi yang tulus dan jujur. Begitu juga
dengan atasan dan Organisasi. Pastikan hasil kerja tim selalu
mendapatkan umpan balik dari atasan dan Organisasi. Karena, jika tidak
ada saran atau kritik, bagaimana Anda tahu bahwa semua sudah berjalan
sesuai jalurnya?
6. Konsekuensi
Selalu
pikirkan konsekuensi dari setiap tindakan terhadap diri sendiri, tim,
dan juga Organisasi. Apakah keputusan yang Anda alami dapat berpengaruh
pada teman-teman lainnya? Bagaimana jika tim Anda tidak berhasil
memenuhi target yang diberikan? Selalu pikirkan hal ini dan bicarakan
dengan rekan tim Anda.
7. Reaksi terhadap perubahan
Sejalan
dengan waktu, Anda dan tim dapat mengalami berbagai perubahan. Itu bisa
datang dari anggota tim, interaksi dengan pihak luar, dan kebijakan Organisasi. Sejauh mana tim Anda dapat menghadapi perubahan ini? Hal ini
perlu dibicarakan dengan serius bersama-sama.
(Dari berbagai sumber : Kompas.Com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar